MAZHAB YANG EMPAT
By, M. Novrianto, Pendidikan Bahasa Inggris UIN SUSKA RIAU
Sebagaimana telah kita ketahui bahwa alim ulama dan cerdik pandai dalam menghadapi berbagai persoalan, apabila tidak ada nas dari Al-Quran atau hadis mereka berijtihad untuk menetapkan hokum peristiwan itu. Hokum yang didapat oleh seseorang dengan ijtihad, dinamakan mazhabnya. Ulama yang mempunyai mazhab terkenal banyak, bukan hanya empat saja, seperti Hasan Basri, As Tsaury, Ibnu Abi Laila, Al Auza’iy, dan Al Laitsy dan lain-lain.
Mereka mempunyai mazhab sendiri-sendiri, walaupun mazhab mereka tidak sampai terus berkembang seperti mazhab yang empat. Mungkin karena kurang penyokongnya setelah ditinggalkan penyusunnya.
Adapun mazhab yang empat terus-menerus mendapat sokongan dari ulama muslim sampai sekarang adalah :
1. MAZHAB HANAFI , Penyusunnya Imam Abu Hanifah. Beliau dilahirkan pada tahun 80 Hijriah dan meninggal dunia di Baghdad pada tahun 150 Hijriah. Beliau belajar di Kufah dan disanalah beliau mulai menyusun mazhabnya. Kemudian beliau duduk berfatwa mengembangkan ilmu pengetahuan di Baghdad. Beliau memberikan penerangan kepada segenap lapisan Muslimin, sehingga beliau terkenal sebagai seorang alim yang terbesar di masa itu, mahir dalam ilmu fiqih, pandai menisbatkan hokum dari Al-Quran dan Hadis.
Menurut riwayat yang dapat dipercaya dinyatakan, bahwa beliau adalah wadhi’ ilmu fiqih ( yang mula-mula menyusun ilmu fiqih sebagai susunan sekarang ini ). Telah bergaul dengan Abu Hanifah beberapa ulama, mereka mempelajari mazhab itu dan mereka membukukan hokum yang mereka dapat dari beliau itu. Mereka adalah sebagai penyokong mazhab Abu Hanifah, kemudian sebagian besar dari mereka itu kembali menyelidiki dan memeriksa hokum-hukum tadi dengan memeriksa dalil-dalilnya serta desesuaikan dengan keadaan-keadaan kefaedahan dan kemudharatannya.
Sehingga mereka tidak mufakat terhadap sebagian dari hokum yang telah ditetapkan oleh ulama tadi. Bahkan mereka tetapkan hokum menurut pendapat mereka berbeda dengan pandapat Abu Hanifah. Mereka inilah yang dinamakan sahabat Abu Hanifah, diantaranya Abu Jusuf, Muhammad bin Hasan dan Zufar. Mazhab ini banyak tersiar dinegeri Baghdad, Parsi, Bukhara, Mesir, Syam, dan tempat lainnya.
2. MAZHAB MALIKI , Nama penyusunnya Malik bin Anas Al Ashbahi, beliau dilahirkan tahun 93 Hijriah, dan meninggal dunia pada bulanl Safar tahun 170 Hijriah. Beliau belajar di Madinah dan disanalah beliau menulis kitab “Al Muattha” kitab hadis yang terkenal sampai sekerang. Beliau menyusun kitab tersebut atas anjuran khalifah Manshur ketika beliau bertemu diwaktu haji.
Beliau susun mazhab beliau atas empat dasar : Kitab Suci, Sunnah Rasul, Ijma, dan Qias. Hanya dasar yang terakhir beliau gunakan dalam hal yang terbatas sekali, karena beliau ahli hadis. Beliau berkata, sesungguhnya saya sebagai manusia biasa kadang-kadang betul kadang-kadang salah, maka hendaklah kamu periksa dan kamu selidiki pendapat-pendapatku itu, mana yang sesuai maka ambillah.
Imam Malik ahli fiqih dan hadis, beliau terbilang paling berpengaruh dimasanya diseluruh Hijaz, orang-orang menyebutnya Sayyid Fuqaha al Hijaz (pemimpin ahli fiqih diseluruh daerah Hijaz). Beliau mempunyai sahabat (murid) yang banyak, diantaranya yang terkemuka Muhammad bin Idris bin Syafi’i, Al Laitsi bin Sa’ad Abu Ishaq Al Farisi dan lain-lain. Pengikut mazhab ini yang terbanyak di Tunisia, Tripoli, Maghribi, Mesir dan lainnya.
3. MAZHAB SYAFI’I , Nama penyusunnya Muhammad bin Idris bin Syafi’i turunan bangsa Quraisy. Beliau dilahirkan di Khuzzah tahun 150 Hijriah, dan meninggal dunia di Mesir tahun 204 Hijriah. Sewaktu berumur 7 tahun beliau telah hafal Al-Quran, setelah berumur 10 tahun beliau hafal Al Muattha (kitab guru beliau Imam Malik). Setelah berumur 20 tahun beliau mendapatkan izin dari gurunya (Muslim bin Khalid) untuk berfatwa. Kata Ali bin Usman :,, Saya tidak pernah melihat seorang yang lebih pintar dari Syafi’i, sesungguhnya tidak ada seorangpun yang menyamainya dimasa itu, yang pintar dalam segala pengetahuan, sehingga bila ia melontarkan anak panah dapat dijamin 90% akan mengenai sasarannya.
Setelah beliau berumur hampir 20 tahun beliau pergi ke Madinah karena mendengar kabar Imam Malik yang begitu terkenal seorang alim besar dalam ilmu hadis dan fiqih. Disana beliau belajar kepada Imam Malik, kemudian belajar ke Irak, disana beliau bergaul dengan sahabat-sahabat Imam Hanafi . dan beliau terus ke Persia dan beberapa negara lain. Kira-kira dua tahun habis masa beliau dalam perjalanan ini.
Dalam perjalanan beliau ke negeri-negeri itu bertambahlah pengetahuan beliau tentang kehidupan dan tabiat manusia. Keadaan bahwa yang menimbulkan perbedaan adapt dan akhlak, sangat berguna bagi beliau sebagai alat mempertimbangkan hokum peristiwa-peristiwa yang akan beliau hadapi. Kemudian beliau diminta oleh Khalifah Harun Al Rasyid supaya tetap di Baghdad. Setelah beliau tetap di Baghdad disanalah beliau menyiarkan agama dan pendapat-pendapat beliau diterima oleh segala lapisan baik terhadap rakyat maupun terhadap pemerintah dimana beliau bergaul, bertukar pikiran dengan ulama-ulama terutama sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah, sehingga dengan pergaulan itu, beliau mendapat menyusun pendapat qadim (Pendapat beliau yang pertama). Kemudian kembali ke Mekah sampai tahun 198 Hijriah. Pada tahun ini beliau sampai di Mesir dan disana beliau menyusun pendapat beliau yang baru ( qaulul jadid ).
Kata-kata Syafi’i yang sangat perlu menjadi perhatian, terutama bagi ulama yang menyokong dan mengikuti mazhab Syafi’i ialah, Apabila hadis itu sah, itulah mazhabku, dan buangkanlah perkataanku yang timbul dari ijtihadku. Pengikut mazhab Syafi’i yang terbanyak di Mesir, Kurdistan, Yaman, Aden, Hadramaut, Mekah Pakistan, Indonesia dan lain-lain.
4. MAZHAB HAMBALI, Nama penyusunnya Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal. Beliau dilahirkan di Bagdad dan meninggal dunia pada hari Jum’at tanggal 12 Rabiul Awal tahun 241 Hijriah. Beliau belajar semenjak kecil di Baghdad, Syam, Hijaz dan Yaman. Beliau adalah murid dari Imam Syafi;i, Syafi’i memuji beliau, katanya:,, “Saya keluar dari Baghdad, tidak saya tinggalkan disana seorang yang lebih bertaqwa, lebih wara’ lebih alim selain dari Ahmad bin Hanbal, yang sungguh banyak menghafal hadis”.
Murid beliau banyak yang terkemuka, diantaranya Bukhari dan Muslim. Beliau berpegang teguh kepad fatwa sahabat apabila tidak ada nas. Beliau susun mazhab beliau atas 4 dasar. Dasar pertama nas Quran dan hadis. Dalam soal yang beliau hadapi beliau selidiki nas ada atau tidaknya, kalau ada nas beliau berfatwa menurut nas itu. Dasar kedua fatwa sahabat. Dalam satu peristiwa apabila tidak ada nas yang bersangkutan dengan peristiwa itu, beliau cari fatwa sahabat-sahabat.: apabila ada fatwa dari salah seorang sahabat, sedang beliau tidak melihat bantahan dari sahabat yang lain, maka beliau hukumkan peristiwa itu menurut fatwa sahabat tadi. Jika fatwa itu berbeda antara beberapa sahabat maka beliau pilih yang lebih dekat kepada Kitab atau Sunnah.
Dasar ketiga, hadis mursal, atau lemah, apabila tidak bertentangan dengan dalil-dalil yang lain. Dasar keempat, qias. Beliau tidak memakai qias kecuali apabila tidak ada jalan lain. Beliau sangat hati-hati melahirkan fatwa apabila tidak nas atau atsar sahabat, sehingga kemungkinana besar karena sangat hati-hati beliau menjalankan fatwa itu, menyebabkan lambatnya mazhab beliau tersiar di daerah-daerah yang jauh, apalagi murid-murid beliaupun sangat berhati-hati pula.
Mula-mula mazhab itu tersiar di Baghdad, kemudian berangsur-angsur keluar ke daerah-daerah lain, sekarang yang terbanyak pengikutnya di Hijaz, apalagi sesudah ditetapkan oleh Raja Ibnu Sa’ud menjadi mazhab resmi bagi pemerintah Sa’udi Arabia. Di Mesir tidak nampak mazhab ini kecuali pada abad ke 7 Hijrah, hingga sekarang tidak banyak rakyat Mesir yang mengikuti mazhab ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar